MANAGEMENT STRATEGI BISNIS



MANAGEMENT STRATEGI BISNIS
 SUB POKOK BAHASAN BISNIS UMKM
“KRIPIK PISANG LEZAT”


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Kondisi Ekonomi di jaman sekarang sedang dalam keadaan krisis ekonomi, krisis ekonomi yang sedang terjadi pada saat ini sangat berpengaruh pada segi kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mengakibatkan rendahnya kehidupan ekonomi masyarakat dan itu sangat memprihatinkan. Selain itu dimana produksi perusahaan - perusahaan besar pun ikut menurun, banyak pula perusahaan - perusahaan yang berhenti berproduksi karena perusahaan tersebut juga tidak bisa lagi memproduksi dalam jumlah besar dan perusahaan banyak yang mengalami gulung tikar / kebangkrutan sehingga mengakibatkan penghentian karyawan - karyawan / yang lazim disebut PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) sehingga menambah angka pengangguran dimana - mana semakin banyak.
Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyarakat di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri, keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih kreatif lagi dalam mencari pekerjaan.
Pada saat ini banyak orang yang serba ingin praktis dalam makanan. Maka dari itu akan membuat keripik pisang ini dengan pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai cemilan ini dan memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.

2.      Pengertian
Keripik pisang adalah produk makanan ringan yang dibuat dari irisan pisang dan digoreng, dengan  bahan tambahan makanan yang diizinkan.Pisang merupakan tumbuhan tropis yang biasa hidup di dataran rendah  maupun di dataran tinggi. Sehingga banyak terdapat di berbagai daerah dan mudah mendapatkannya. Keripik pisang merupakan salah satu makanan jajanan yang sangat disukai oleh masyarakat. Cara pembuatannya sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh siapa pun. Dari pemahaman akan dunia usaha, sangat diharapkan produk yang sebaiknya dihasilkan untuk dapat bersaing dan diterima oleh kalangan masyarakat. Oleh karena itu, kami lebih memilih usaha untuk pengolahan keripik pisang. Karena usaha ini terbilang mudah dan cepat di terima oleh masyarakat. Karena keripik pisang sudah tidak asing lagi menjadi makanan ringan yang gurih dan enak ini di kalangan masyarakat, sehingga orang pun tak akan bosan untuk terus mencoba keripik pisang. Dari produk keripik pisang ini, menjamin kualitas produk yang dapat dilihat bagus


atau tidaknya keberhasilan dalam pengenalan wirausaha dari produk ini. Nantinya produk yang dihasilkan dapat menjadi produk yang berkembang dalam lingkungan masyarakat.
Bukan hanya itu saja, bahwa dalam proses pembuatan keripik pisang ini sangatlah mudah maka semua kalangan masyarakat pasti bisa membuatnya keripik pisang ini.
Karena pisang merupakan bahan utuma dalam pembuatan keripik pisang ini maka saya akan memilih kualitas dan mutu pisang yang baik. Dalam pembuatannya pun  mudah dan sederhana sehingga tidak mengurangi kualitas dan mutu produk. Selain itu juga akan melakukan pengemasan pada keripik pisang  yang sudah di produksi dengan kemasan yang sederhana tetapi tidak mengurangi nilai dan rasa dari keripik pisang ini. Keripik pisang dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.

3.      Tujuan
Adapun tujuan dalam membuat usaha (makanan) ini adalah :
1.      Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi .
2.      Untuk menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
3.      Dapat membantu para petani yang menanam pohon pisang.
4.      Memasarkan produk hasil olahan kepada masyarakat sekitar.
5.      Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa keripik pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.

4.      Manfaat
Manfaat pembuatan Kripik pisang adalah
      Dengan adanya industri usaha kripik pisang ini masyarakat dan mahasiswa memiliki kesempatan/ peluang untuk berwirausaha dan ketrampilan tersendiri dan kemudian bisa meningkatkan produksi kripik pisang sehingga usaha ini semakin berkembang dan pendapatan semakin meningkat
      Terpenuhinya kebutuhan masyarakat sekitar dan siswa baik dalam segi ekonomi dan lapangan kerja.


BAB II
PERENCANAAN PEMASARAN

1.      Target Pasar
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan pisang yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan dilakukan yaitu mencari target pasar. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk ini. Target pasar sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan target pasar yang kita inginkan.
Sistem pemasaran akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing dan sejauh mana kemampuan untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang berikan kepada para konsumen. mensurvei dan meneliti pesaing - pesaing saya bagaimana caranya membuat keripik pisang ini agar berbeda dengan keripik pisang lainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun saya akan membuat keripik pisang ini berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
Kita akan menjual keripik pisang ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik ini akan lebih cepat dikenal banyak masyarakat.

2.      Promosi
Promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan dilakukan :
1.      Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang akandijual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
2.      Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
3.      Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twitter, yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila dicoba.
4.      Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.


3.      Tips Pemasaran
·         Tetapkan impian (carilah impian yang sesuai dengan hobi dan kemampuan) atau menjual produk sesuai dengan kebutuhan pasar, diperlukan riset dahulu dengan membaca koran atau membuka buka internet.
·         Cari tahu tentang bisnis itu (bahan baku, pemasaran, cara produksi).
·         Turun ke lapangan dan perkenalkan produk.
·         Cari pengusaha yang sukses di bidang sejenis untuk sharing informasi.
·         Buat merek-logo produk.
·         Silaturahim dengan Dinas, Departemen, Kementrian terkait. Serahkan kartu nama, foto produk, dan company profile.
·         Bermitra dengan BUMN atau perusahaan swasta yang sudah memiliki manajemen, usaha berjalan minimal 2 tahun dan sertakan proposal.
·         Perbaiki diri, perkuat branding, tingkatkan pelayanan, profesional, dan perluas pemasaran.
·         Berdoa dan bersedekah, ini adalah kunci sukses yang sering di lupakan orang

4.      Analisa SWOT dalam pembuatan kripik pisang
Strengths (Kekuatan)
ü  Harga keripik pisang ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat.
ü  Kualitas dari keripik pisang ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
ü  Tersedia kemasan berbagai ukuran.
ü  Keripik pisang ini mempunyai rasa yang gurih dan enak.
ü  Keripik pisang dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.

Weakness (Kelemahan)
ü  Bahan baku keripik pisang yang mudah hancur.
ü  Keripik pisang akan mudah hancur jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk.

Opportunity (Peluang)
ü  Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
ü  Permintaan pasar yang semakin meningkat.

Threats (Ancaman)
ü  Jumlah kompetitor yang terus meningkat.
ü  Munculnya produk baru yang lebih unggul.
ü  Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.

BAB III
PROSES PEMBUATAN

Proses pembuatan keripik pisang ini cukup mudah dan sederhana, dalam proses pembuatannya dibutuhkan alat - alat dan bahan - bahan. Setelah alat dan bahannya telah siap maka proses pembuatannya pun dapat dilakukan. Alat - alat dan bahan - bahan pembuatan keripik pisang ini sederhana dan mudah didapatkan, tak lupa juga proses pembuatan keripik pisang ini mudah dan sederhana sehingga hampir semua lapisan masyarakat dapat membuatnya.

1.      Alat dan bahan
Alat - alat yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini diantaranya adalah
·         Penggorengan (wajan) dan perlengkapan penggorengan lainnya digunakan untuk dalam proses penggorengan.
·         Parutan pisang atau pisau digunakan untuk memotong pisang
·         Tungku, penggunaan tungku karena agar dalam proses penggorengan dapat menghasilkan panas api yang cukup, karena jika menggunakan kompor gas bukan hanya karena boros saja melainkan api yang dihasilkannya pun kurang.

Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini adalah :
·         Pisang, secara umum pisang yang sering digunakan dalam pembuatan keripik pisang ini yaitu pisang nangka atau pisang pipit, karena apabila digoreng pisangnya dapat kering dibanding dengan pisang - pisang lainnya.
·         Minyak goreng,
·         Garam.

2.      Langkah - langkah atau proses pengolahan
Langkah awal yaitu memilih pisang yang muda untuk dijadikan produk. Kemudian, garam dicampurkan menjadi ke dalam wajan atau loyang yang berisi air bersih, lalu diaduk sampai tercampur merata. Selanjutnya, pisang tersebut dikupas, diiris tipis - tipis dan dimasukkan ke dalam loyang yang berisi larutan tadi. Setelah itu, pisang diangkat dari larutan dan dimasukkan ke dalam penggorengan yang berisi minyak goreng, tetapi sebelum dimasukkan pastikan dulu minyak goreng telah panas. Selama di dalam penggorengan, pisang diaduk - aduk atau digerak - gerakkan agar semuanya merata. Apabila sudah kekuning - kuningan, pisang dapat diangkat dari penggorengan dan ditiriskan dalam beberapa menit. Tunggu hingga dingin, kemudian dikemas didalam kantong plastik dan di berikan bumbu, bumbu nya ada beraneka rasa yaitu ada rasa manis, rasa asin dan rasa pedas lalu keripik pisang pun siap untuk dijual / dipasarkan.
Itulah proses pembuatan keriping pisang, mudah dan sederhana, tidak memelukan bahan atau alat yang rumit. Tetapi dapat menghasilkan kerepik pisang yang enak dan gurih.



BAB IV
PERENCANAAN BISNIS

Dalam berwirausahatujuan yang paling utama ialah memperoleh keuntungan. Keuntungan di sini tergantung pada apa yang kita hasilkan dan bagaimana cara menjual produk tersebut. Contohnya Dalam sehari-hari dapat menghasilkan dan menjual keripik pisang ini sebanyak 30kg dengan membutuhkan bahan baku yaitu pisang sebanyak 50 kg, selain pisang yang sebagai bahan baku dari pembuatan keripik pisang ini dibutuhkan juga minyak untuk melakukan proses penggorengan dan yang dibutuhkan sebanyak 15 kg, agar rasa keripik pisang ini gurih, renyah dan enak maka dalam proses pembuatannya dibutuhkan bumbu – bumbu sebagai penyedap rasa dalam keripik pisang ini seperti rasa manis, rasa asin, rasa pedas.
Dalam proses pembuatannya juga membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam memproduksi keripik pisang ini, dan setelah keripik pisang ini matang maka langkah selanjutnya adalah pengemasan maka membutuhkan kemasan untuk mengemas keripik pisang ini sebagai biaya pembungkus, setelah semuanya sudah siap maka keripik pisang tersebut tinggal dipasarkan / dijual.
1.      RAB (Rencana Anggaran Biaya)
Adapun harga - harga dari bahan - bahan pembuatan keripik pisang dan biaya - biaya yang akan keluar dalam produksi keripik pisang ini yaitu :
BAHAN-BAHAN
BIAYA
Pisang pipit
      Perlirang

Rp 15.000 / lirang
Minyak
Rp 15.500 / kg
Bumbu
Rp 100.000
Tenaga kerja
Rp 30.000 / orang
Biaya tempat
Rp 50.000.000
Lain-lain
Rp 100.000

Adapun perhitungan rugi / laba selama proses produksi hingga proses pemasaran keripik pisang ini, dari mulai modal 1 hari, 1 minggu hingga 1 bulan dan laba yang diperoleh selama 1 hari, 1 minggu hingga 1 bulan yaitu sebagai berikut :
- Pisang 40 kg     X     Rp.   15.000      = Rp. 600.000
- Minyak 10 kg   X     Rp. 15.500         = Rp. 155.000
- Bumbu                                              Rp.   10.000
- Tenaga kerja(5 orang)                      Rp.   150.000
- Lain - lain                                             Rp.   100.000   +
                                                         (MODAL)       Rp. 1.105.000

Harga jual keripik pisang ini Rp. 45.000 / kg
Maka dalam 30 hari X Rp. 45.000 = Rp.1.350.000
Jadi labanya : harga jual – modal
                      RP.  1.350.000 – RP  1.105.000 = Rp. 245.000 / hari(LABA)

2.      BEP (Titik Balik Modal)
Dengan demikian dapat  di simpulkan bahwa:
• Modal
Modal dalam 1 hari              Rp.1.105.000
Modal dalam 1 minggu        Rp. 7.735.000
Modal dalam 1 bulan           Rp. 33.150.000

• Laba
Laba dalam 1 hari                 Rp  245.000
Laba dalam 1 minggu           Rp. 1.715.000
Laba dalam 1 bulan              Rp. 7.350.000

Total keseluruhan BEP
Modal awal
Rp 100.000.000
Modal produksi
Rp Rp 90.500.000
Jadi Rencana BEP adalah 100.000.000 : 7.350.000 = 14 bulan / 1,1 tahun

Komentar

Postingan Populer